Deretan Smartphone Dengan Ongkos Pembuatan Termahal

Ada banyak sekali smartphone kelas menengah ke atas yang dijual dengan harga selangit di pasaran, tentu hal tersebut menimbulkan pertanyaan besar bagi sebagian orang. Berapa kisaran ongkos yang dikeluarkan para vendor ponsel pintar untuk memproduksi ponsel mereka dan menjualnya di pasaran dengan harga yang cukup mahal?

Ponsel yang dianggap eksklusif seperti Samsung dan iPhone memang dijual di kisaran harga yang mahal, namun ternyata mereka memberikan berbagai spek dan fitur berkualitas di dalamnya. Jadi kenapa merk-merk ternama itu bisa sukses di pasaran meski harganya mahal? Tentu saja kualitas menjadi salah satu rahasia mereka.

Memangnya berapa kisaran biaya produksi smartphone tersebut? Data berikut mungkin akan menunjukkan informasi terbaru yang menarik untuk disimak :


Di dalam diagram tersebut terlihat jelas berapa biaya pembuatan deretan smartphone kelas menengah ke atas yang dipasarkan dengan harga cukup mahal.

Samsung S8 sendiri dijual di kisaran Rp 10,5 jutaan di Indonesia, sedangkan biaya pembuatannya sekitar Rp 4.000.000, 00. Belum lagi ditambah dengan biaya-biaya lain hingga sampai ke tangan pembeli, saya pikir harga tersebut cukup layak mengingat biaya pembuatan S8 yang paling mahal ketimbang ponsel lainnya.

Sebagai tambahan informasi, berikut adalah ongkos pembuatan beberapa smartphone yang ada saat ini :

Pesan Sekarang