Beberapa Faktor Penyebab Smartphone Meledak & Cara Mencegahnya

Akhir-akhir ini banyak sekali kasus smartphone yang meledak dan terbakar, hal ini tentu saja menjadi salah satu ketakutan yang membahayakan bagi para pemakai ponsel pintar. Ternyata dibalik kecanggihan gadjet yang ada saat ini, masih ada kecacatan yang kadang membuat kita bingung, apa para produsen asal-asalan dalam membuat smartphone atau murni karena kesalahan teknis?


Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa smartphone yang canggih bisa meledak, dan hal tersebut harus kita ketahui dan sebisa mungkin mencegahnya agar terhindar dari masalah yang dapat membahayakan diri kita sendiri.

Apa saja penyebab smartphone bisa meledak?
  • Kesalahan dalam mencharge baterai
Bagaimana anda mengisi baterai smartphone? Apakah anda menyambungkan charger dan smartphone dari malam dan baru mencopotnya pada pagi hari? Jangan kaget kalau smartphone meledak karena hal ini. Bukankah baterai memiliki batas pengisian? Kalau terus diisi meski sudah penuh, bisa saja hal tersebut membuatnya panas dan bang! kemudan meledak.

Untuk mencegah meledaknya smartphone karena kesalahan dalam mencharge baterai, ada baiknya anda lebih teliti lagi, jangan meninggalkan smartphone dengan keadaan menyambung pada kabel charger.
  • Pemakaian onderdil yang tidak sesuai
Baterai palsu, charger palsu, disambungkan maka akan terjadi hal yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada. Kebutuhan dan kemampuan daya masing-masing perangkat tentunya berbeda bos, jadi jangan salahkan produsen kalau gadjet meledak akibat kesalahan pemakaian onderdil palsu.

Tips agar aman dan mencegah ledakan maka baiknya anda memakai onderdil yang original, meski harganya lebih mahal namun tentunya lebih aman jika dibandingkan dengan yang KW.
  • Pemakaian yang berlebihan
Berapa lama anda bisa jauh dari ponsel anda? Mungkin hanya ketika anda tidur saja atau ketika mandi, dan selebihnya anda tak terlepaskan dari yang namanya gadjet. Entah anda sadari atau tidak, ketika anda memakai smartphone dalam waktu yang lama maka smartphone itu akan terasa panas bukan? Hal ini juga menjadi salah satu penyebab meledaknya gadjet yang ada.

Ada baiknya anda mengurangi pemakaian berlebihan, gunakanlah ketika anda benar-benar membutuhkannya saja agar terhindar dari hal yang tak diinginkan seperti meledak atau rusak kecil.
  • Kesalahan teknis pada proses produksi
Kalau yang satu ini bukan tanggung jawab anda, karena kadang produsen melakukan kesalahan yang fatal dengan produknya, ada baiknya anda memilih produk yang sudah terbukti bagus dan tidak cacat.
  • Faktor eksternal
Menyimpan smartphone pada tempat yang salah dapat menyebabkannya meledak, apakah ini adalah mitos? Nyatanya ini adalah kenyataan! Kadang ada peringatan suhu minimal penyimpanan gadjet karena dalam suhu tertentu maka smartphone bisa rusak atau bahkan meledak. Tips melindungi smartphone tentu saja dari perilaku anda sendiri dan jauhi tempat berbahaya.
Pesan Sekarang