Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone

Baterai smartphone memang masih menjadi masalah klasik yang dihadapi oleh para penggunanya, hampir semua smartphone yang ada di pasaran memiliki baterai yang standar dan mudah habis, yah kita tentu merindukan sosok baterai yang bisa tahan hingga berhari-hari seperti saat masa jaya dari Nokia dulu.


Sebenarnya baterai smartphone yang boros dan cepat habis bukan saja dari kelemahan produk tersebut, sebagian besar masalah itu terjadi karena pemakaian yang kurang baik. Jujur saja, saya sendiri terkadang sangat sulit untuk melepaskan ponsel pintar saya satu hari saja, walau tidak digunakan untuk hal yang penting namun nyatanya saya ingin terus memakainya dan akhirnya baru saya sadari ketika baterai telah habis dan saya tidak melakukan hal yang berguna.

Untuk menghemat pemakaian baterai smartphone dan menjaganya tetap awet, berikut ada beberapa tips yang bisa anda pakai :

Charge Smartphone Sampai Penuh
Kesalahan kita biasanya menggunakan smartphone sembari men-charge-nya, atau kadang baru isi setengah sudah dicabut aja. Hal ini tentu berbahaya bagi baterai dan juga membuatnya tidak awet.

Menghindari Nonton Video
Menonton video lebih banyak menghabiskan baterai ketimbang memainkan mp3 player (offline), hal ini karena video membutuhkan banyak daya untuk memainkannya.

Jangan Memutar Musik Offline
Saat ini banyak media musik online yang bertebaran, alangkah baiknya anda menghindari memakainya karena selain boros baterai, hal ini menyebabkan kuota kamu cepat habis dengan memakainya untuk memutar musik secara langsung. Lebih baik memainkan musik offline saja.
 
Matikan Data Internet
Ini yang menurut saya paling tepat, jika tidak terlalu penting sebaiknya matikan saja sambungan internet yang ada di smartphone, karena nyatanya jika smartphone anda dibiarkan tetap menyambung ke internet, maka baterai akan cepat habis. Apalagi saat di perjalanan dan sinyalnya kurang bagus, smartphone akan terus mencari jaringan yang kadang membuat baterainya habis dan panas banget.

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai
Sekarang banyak bertebaran aplikasi penghemat baterai, biasanya mereka akan mematikan secara otomatis aplikasi yan tidak terpakai di smartphone kamu.

Aktifkan Battery Saver
Semenjak update Android Lollipop, Google telah membenamkan Android fitur Battery Saver. Fitur ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu kamu menghemat baterai smartphone selama perjalanan mudik 2016. Cukup dengan masuk menu Settings - Battery, lalu aktifkan toggle Battery Saver.

Gunakan Airplane Mode
Hampir sama dengan memutuskan daya internet, namun ketika menggunakan airplane mode maka sms atau telephone tidak dapat digunakan juga, berbeda dengan pemutusan data yang hanya menghentikan sambungan internet saja. Ini adalah cara paling aman untuk menghemat baterai.

Itulah informasi yang mungkin berguna bagi anda dalam menghemat pemakaian baterai, meski saat ini sudah ada power bank, namun nyatanya terkadang kita akan menghadapi saat-saat dimana baterai habis dan kita sangat membutuhkannya, menyesal deh.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Menghemat Baterai Smartphone"