Cara Mudah Merawat Power Bank Agar Awet

Power bank saat ini merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna smartphone, karena kebanyakan ponsel pintar tidak memiliki kapasitas baterai yang memadai. Boro-boro tahan berhari-hari, bisa tahan 1 hari saja sudah sangat untung deh.


Banyak sekali produk power bank di luar sana, mulai dari yang bagus dari produsen yang sudah memiliki nama besar seperti Samsung, Asus, dan lain sebagainya (baca juga : power bank berkualitas). Nah agar power bank kamu tidak cepat rusak dan gonta-ganti terus, nih ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat power bank agar awet dan tahan lama :
  • Isi Ulang Power Bank Saat Mulai Low (20%)
Agar awet isilah power bank saat indikatornya menunjukan tanda low, misalnya tinggal 20% saja, hal ini agar umur power bank lebih lama dan lebih awet tentunya. Hindari kebiasaan membiarkan power bank kamu sampai kehabisan daya karena membuat baterai power bank cepat aus, lagipula repot kalau kehabisa bisa lama sewaktu dicharge.
  • Jangan Terlalu Sering Diisi Ulang
Power bank memiliki baterai Li-Ion/Li-Po yang memiliki siklus hidup antara 500-1000 kali iHisi ulang. Kalau hampir mencapai siklus maksimalnya, power akan terasa cepat habis dan isi ulangnya menjadi lama. Untuk itu jangan bolak-balik nge-charge power bank agar bisa awet!
  • Jangan Biarkan Power Bank Di-charge sembarangan
Over charging adalah penyakit umum para pengguna barang elektronik semisal laptop, hp, dan power bank tentunya. Mereka terkadang membiarkan gadjetnya dicharge dari malam sampai pagi, padahal kalau terus begini bisa saja alat elektronik itu langsung mati loh.
  • Jangan pakai Smartphone yang Tersambung dengan Power Bank
Kebiasaan lagi nih, memakai ponsel sembari dicharge dengan power bank, sangat berbahaya karena bisa saja korsleting, selain itu juga merusak power bank dan smartphone yang digunakan secara bersamaan. Ayo hindari kerusakan gadjet kamu sedini mungkin.
  • Hindari tempat Panas
Jangan menyimpan alat elektronik di tempat panas, sangat berbahaya dan tentunya merusak isi di dalam alat dan luarnya.
  • Perawatan umum
Hindari dari benturan dan benda keras, bersihkan power bank, dan jagalah seperti anda menjaga barang elektronik lainnya. Hal ini sangat berguna demi keawetan dan kebersihan power bank.

Itulah sedikit tips merawat power bank agar awet dan tahan lama, mudah bukan cara yang ada di atas? Yang sulit adalah mengganti kebiasaan anda dalam memakai power bank secara jor-joran tidak tahu aturan.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Merawat Power Bank Agar Awet"