Beberapa Masalah pada Smartphone Asus & Penanganannya

Asus memang memiliki produk-produk yang terbilang cukup berkualitas dengan harga yang murah, mulai dari produk komputer, laptop, tablet, dan smartphone Asus Zenfone. Di Indonesia sendiri, Zenfone menjadi salah satu produk smartphone android terlaris dan banyak diminati.


Namun tahukah anda bahwa ada beberapa masalah yang sering terjadi pada Asus Zenfone? Apakah anda sering mengalami masalah-masalah menjengkelkan ini? Yuk cari tahu masalah Asus Zenfone dan cara penanganannya: 

1. ASUS Zenfone Sangat Cepat Panas
Apakah Asus anda cepat terasa panas? Hal ini katanya karena ASUS ZenFone yang menggunakan chipset Intel dengan teknologi hyper-threading. Untuk mengatasinya, kita bisa memakai Boost Memory untuk memori yang sesak dan lakukan Force Stop pada aplikasi yang tidak terpakai, atau jika panas terjadi setelah update sistem operasi, silakan lakukan Wipe Cache Partition.

2. Kesulitan Saat Masuk Recovery Mode ASUS ZenFone 2
Saat mau recovery mode untuk update OS, menghapus cache partisi, bahkan hingga wipe data dan ternyata susah masuk, beginilah cara menanganinya, Matikan Android, lalu tekan dan tahan tombol "Power + Volume Up". Lepaskan tombol Power setelah terasa ada getaran, tapi tetap tahan tombol Volume Up hingga muncul logo ASUS, saat muncul tulisan "Normal mode", pindah ke pilihan "Recovery Mode" dengan menggunakan tombol Volume dan tombol Power untuk memilihnya. Nantinya akan muncul logo Android dengan error message. Kamu kembali tekan dan tahan tombol "Power + Volume Up", dan tunggu hingga masuk Recovery Mode. Jika Android kamu sudah di-root, kamu bisa dengan mudah masuk Recovery Mode menggunakan aplikasi Quick Reboot.

3. Aplikasi Crash Setelah Update OS
Bukan hanya jadi smartphone murah yang dibekali spesifikasi mewah, ASUS ZenFone juga layak menjadi pilihan karena selalu mendapatkan update OS. Setelah dirilis ASUS ZenFone 2, jajaran ASUS ZenFone 4, 5, dan 6 pun kebagian update OS ke Android Lollipop. Bahkan ASUS ZenFone 2 terus mendapatkan update OS untuk memaksimalkan performanya. Hanya saja, kadang aplikasi-aplikasi jadi sering crash setelah update OS. Untuk mengakalinya kamu harus melakukan Wipe Cache Partition lewat Recovery Mode, atau melakukan Factory Setting.
 
4. Baterai ASUS ZenFone Boros
Jangan heran jika baterai ASUS ZenFone kamu terasa boros. Selain karena prosesor Intel yang digunakannya, Zen UI yang dibekalkan pada smartphone ASUS ZenFone juga menjadi masalah pendukungnya. Banyaknya aplikasi bawaan atau bloatware ASUS ZenFone membuat baterai ASUS ZenFone 2 terasa boros. Untuk mengakalinya, kamu bisa lakukan:
 
Enable power saving “Powersaver” caranya masuk ke Settings > Power management. Lalu hapus aplikasi bawaan atau bloatware. Selain bisa menghemat baterai, juga bermanfaat untuk mengurangi memori sesak. Untuk melakukannya, kamu bisa baca artikel Cara Menghilangkan BLOATWARE Asus Zenfone 2 Tanpa Root dan Daftar Lengkap BLOATWARE Asus Zenfone yang WAJIB DIHAPUS Setelah Root.

5. ASUS ZenFone 2 Restart Saat Menerima Telepon
Ini biasanya dialami setelah melakukan update sistem operasi. Karena adanya pembaharuan sistem, ada data di sistem yang lama berbenturan. Untuk mengatasinya silakan lakukan Wipe Cache Partition di Recovery Mode. Jika masih sama, solusi terakhir adalah melakukan Factory Reset.
 
6. Tidak ada Notifikasi Saat Layar Terkunci
Saat layar terkunci, harusnya tetap akan muncul notifikasi sebagai tanda bahwa ada pesan yang masuk. Jika ternyata tidak muncul notifikasi di smartphone ASUS ZenFone saat layar terkunci, mungkin kamu lupa mengaktifkan fiturnya. Coba cek di menu Settings - Sound and Notification - When device is locked - Show all notifications.
 
Jika sudah diaktifkan tapi tidak muncul, coba cek menu Settings -> Do not disturb -> When calls and notification arrive. Pastikan pengaturannya Always Allow.
 
7. ASUS ZenFone Mati Padahal Baterai Masih 30%
Permasalah ASUS ZenFone yang ini nih yang ngeselin. Padahal baterai keterangannya masih 30%, lah kok tiba-tiba mati? Biasanya seringkali mati di angka 30%, 25%, hingga 10%. Ini terjadi karena kesalahan sistem dalam membaca baterai. Untuk mengakalinya kamu harus melakukan kalibrasi baterai, yang caranya bisa kamu baca artikel Cara Kalibrasi Baterai HP Android Tanpa Root.
 
8. Tidak Tampil Menu di Flip Case
Meski murah, ASUS ZenFone sudah dibekali kemampuan untuk merespon jika menggunakan case khusus (Circle Case). Saat menggunakan Circle Case, akan muncul menu-menu khusus di layar jika kamu menutupnya. Jika ternyata tidak muncul, coba kamu cek menu Setting - Asus Customize Settings, pastikan Enable Asus Cover sudah dicentang.
 
9. Sering Error Kirim Gambar di BBM
Bagi pengguna BlackBerry Messenger (BBM) di ASUS ZenFone pasti pernah mengalami gagal kirim gambar ke kontak BBM. Herannya, gambar yang gagal dikirim ini adalah gambar yang disimpan di memori eksternal. Untuk mengakalinya, saat muncul keterangan Denied, langsung saja kamu klik gambarnya. Lalu pilih Share dan bagikan ke kontak teman kamu.

10. Mengambil Screenshot di ASUS ZenFone
Tidak seperti kebanyakan smartphone Android yang hanya menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume untuk mengambil screenshot, ASUS ZenFone dibekali cara lain yang lebih mudah. Caranya adalah masuk ke menu Settings - ASUS Customized - Key Settings - Tap dan hold to get screenshot.

Cara tadi akan terasa lebih mudah untuk mengambil screenshot di ASUS ZenFone 2. Atau kamu bisa coba cara mengambil screenshot dengan cara lain menggunakan aplikasi Screenshot Easy.

Sumber : jalantikus.com
Pesan Sekarang