Mengenal Sosok Henry Jufri, Kuli Panggul & Developer Game Android

Beberapa waktu belakangan, media gencar memberitakan tentang perjuangan seorang pria dari Makasar yang bergelut di bidang aplikasi android. Seorang developer game tentang pendidikan, dan game lain yang saat ini sudah banyak didownload oleh pemakai android di Indonesia, bahkan luar negri sekalipun. Apa yang aneh dengan developer game yang satu ini? Mari simak kisahnya yang cukup sensasional ini.

Henry Jufri adalah seorang pria yang hanya mengenyam pendidikan hingga kelas 4 SD saja, dia bekerja menjadi kuli panggul di pelabuhan di siang hari, suatu ketika dia mengikuti pembelajaran membuat game android yang diadakan oleh komunitas android makasar. Walau hanya sampai kelas 4 SD saja, namun kemauan kuat dari Henry untuk maju membuatnya bisa melawan keadaan yang ada pada dirinya. Berbekal dengan ilmu yang diajarkan oleh komunitasnya, dan lapto bekas seharga 800ribu (yang akhirnya harus diganti karena RAM yang kurang memadai untuk membuat game android).

Henry awalnya menjalani kehidupan yang cukup berat, siang hari dia bekerja sebagai kuli panggul, dan malamnya dia harus lembur untuk membuat game ciptaannya. Perjalanan panjang itu disertai dengan berbagai perasaan ragu, dan hampir putus asa karena dia belum jua menemukan kesuksesan yang dia harapkan. Saya dan anda semua yang membaca tulisan ini pastinya pernah mengalami keadaan seperti Henry, di awal kita menjalani sesuatu yang baru, pasti kita akan dicoba dengan perasaan ragu dan takut gagal, putus asa seakan adalah jawaban yang pantas untuk kita, namun sebagian dari mereka yang melawan putus asa akhirnya menjadi sukses dan menikmati jerih payahnya selama itu.


Begitu selesai dengan game buatannya semisal Unyil the Adventure, Ninja konoha Run, King Arthur, dll, Henry lalu memasang game tersebut di playstore dan satu per satu ada orang yang mendownload game itu. Pada bulan pertama, henry mendapatkan penghasilan sekitar $100 (Rp 1.350.000) dari program pemasangan iklan di android milik Google yang bernama Admob, lalu bulan-bulan berikutnya pendapatan Henry bertambah hingg akhirnya dia mendapatkan penghasilan mencapai $1.200 + dalam satu bulan atau sekitar Rp 16.200.000, 00. Perjuangan Henry akhirnya berbuah manis dengan pundi-pundi dolar yang dia dapatkan dari hasil kerja kerasnya tersebut.

Tak berhenti sampai di situ, sejak kesuksesannya membuat aplikasi android dan mendapat uang dari Google, kini banyak media yang meliput Hendry, mulai dari koran, situs berita online, bahkan televisi semisal Metro dan SCTV, bahkan kemarin di ajang SCTV Awards, Henry mendapatkan penghargaan sebagai sosok inspirasional bagi masyarakat, salut!

 

Salah satu pesan Henry Jufry kepada kita semua yang sangat menusuk adalah ketika dia merasa heran dengan generasi muda yang memiliki kesempatan namun mereka menyia-nyiakannya, orang seperti Henry yang terjepit dengan keadaan tentunya sangat miris dengan keadaan saat ini.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Sosok Henry Jufri, Kuli Panggul & Developer Game Android"