Hal-hal yang Membuat Usaha Counter Susah Berkembang

Usaha di bidang counter cellular memang susah-susah gampang, anda menjual pulsa dari handphone saja sudah masuk dalam kelas bisnis ini, namun untuk mengembangkannya menjadi sebuah usaha yang besar perlu perjuangan yang hebat dan tentunya waktu yang cukup lama, jangan lupakan juga modal yang besar untuk usaha yang satu ini.

Target setiap usaha adalah berkembang dan sukses, dan target tersebut terkadang sulit untuk diraih karena berbagai hal yang memang menyulitkannya, dari pengalaman saya dalam dunia cellular, setidaknya ada beberapa hal penting yang membuat counter susah berkembang, diantaranya adalah :

Modal yang pas-pasan
Modal usaha adalah awal, memang modal utama dalam usaha adalah sebuah niat yang kuat, namun tentunya niat saja tidak cukup, karena kita butuh uang, skill, dan perbuatan untuk membuat modal yang kita punya bisa mengembangkan usaha impian kita. Saya pribadi mengalami hal yang satu ini, dikala ingin berkembang namun terhalang modal yang pas-pasan, itu adalah hal yang cukup menyakitkan dan menyulitkan saya.

Tempat yang kurang strategis
Percaya atau tidak jika tempat usaha anda akan mempengaruhi masa depan usaha anda, dan itu saya rasakan sendiri, di kala saya ingin mengembangkan usaha ini namun dengan tempat yang berada jauh dari keramaian membuat saya sulit berkembang, dan hal itu membuat saya bisa dikatakan gagal dalam usaha ini.

Lingkungan yang kurang kondusif
Anda coba saja buka counter di desa dimana masyarakatnya masih kurang pengetahuan dengan teknologi, dan mereka suka berhutang kepada anda, maka saya rasa untuk berkembang adalah sebuah mimpi yang sangat sulit diraih dengan kondisi seperti itu.

Sistem bisnis yang kurang baik
Mau usaha cepat dikenal, pelanggan boleh ngutang! Mau dapat pelanggan banyak, dikasih harga super murah! Mau usaha cepat berkembang, stok barang berlebihan! dan masih banyak hal lain yang saya katakan terlalu berlebihan dan terlalu cepat, karena efeknya usaha akan goyah dan dekat dengan kebangkrutan.

Promosi yang minim
70% counter yang ada tidak melakukan promosi dengan baik, yah mereka hanya memasang banner di depan counter dengan harapan ada orang lewat dan tertari membeli. Kenapa tidak jemput bola? Kenapa tidak manfaatkan media online? Kenapa tidak melakukan promosi yang berkelanjutan?

Persaingan yang ketat
Jujur saja dalam dunia bisnis yang satu ini, persaingan yang ada sangat ketat. Dalam satu desa bisa dihitung sendiri berapa counter yang ada, bayangkan dalam satu mall, bayangkan dalam satu deretan khusus untuk penjual HP, banyak sekali pesaing yang memberikan harga lebih murah dan lengkap. Inilah persaingan bisnis yang sesungguhnya.

Takdir
Mau usaha semaksimal mungkin, do'a terus menerus, dan berharap setinggi mungkin kalau takdir anda tidak sukses dalam dunia cellular maka tidak akan bisa sukses dan berkembang.


Tips saya untuk mengembangkan bisnis counter cellular ini sebenarnya hampir sama dengan tips bisnis lainnya, usaha & do'a yang maksimal, lalu masalah hasil serahkan kepada Allah SWT. Yakinlah kalau kita berada dalam jalur yang benar, maka ada harapan sukses yang menanti kita.

Tidak ada komentar untuk "Hal-hal yang Membuat Usaha Counter Susah Berkembang"