Web Resmi Server Thalita Reload Pulsa TerMurah PPOB TerLengkap Aman Terpercaya

Mengenal Sejarah & Perkembangan Generasi Teknologi Jaringan

  • Apa maksudnya 1G, 2G, 3G, dan 4G?
  • Lebih cepat mana 3G atau 4G?
  • Kenapa kadang-kadang 3G berubah jadi H+?
Terkadang saya sering mendengar pertanyaan seperti ini dari beberapa pemakai handphone, dan kini lebih banyak pertanyaan dari para pemakai smartphone canggih. Pertanyaan yang kadang tidak bisa dijelaskan, namun sebenarnya tahu jawabannya, kan lucu yah?!

Generasi teknologi layanan data dan wireless mungkin bisa mendefinisikan pertanyaan-pertanyaan itu, yah itu adalah simbol dari generasi ke generasi dari sebuah jaringan (khususnya ponsel). Untuk lebih jelasnya, berikut adalah urutan generasi jaringan komunikasi wireless dari awal hingga yang terbaru :

1G (generasi pertama)
Generasi sistem komunikasi pertama yang menggunakan sistem analog, dikenal dengan nama AMPS yang digunakan mulai tahun 1970an.

2G (Generasi kedua)
Generasi berikutnya muncul pada tahun 1991 di Finlandia (Nokia banget), dipakai untuk standar GSM saat itu dan menjadi salah satu penemuan yang meningkatkan teknologi handphone karena mendukung berbagai kemajuan seperti SMS, MMS, dll. Dan pada generasi pertengahan kita akhirnya mengenal GSM, CDMA, EDGE, dll yang membuat kita menjadi terhubung satu sama lain melalui jaringan internet di handphone.

3G (Generasi ketiga)
Pada generasi yang ketiga ini, kita disuguhkan dengan teknologi canggih pada tahun 2000an yang membuat kita nyaman dalam berselancar di internet, mau browsing, download, upload juga mudah karena kecepatan yang lumayan tinggi. Pada generasi ini kita mulai mengenal W-CDMA, EV-DO, dan HSPA. Jaringan 3G adalah jaringan yang saat ini masih menjadi pilihan tengah karena 4G belum banyak tersebar di Indonesia.

4G (Generasi keempat)
Ini adalah generasi yang ditunggu-tunggu seluruh rakyat Indonesia (maklum masih ketinggalan), jaringan yang satu ini seakan menjadi angin segar bagi para pecandu internet yang mengidolakan kecepatan. Ada 2 jenis standard 4G, yaitu WIMAX (korea) dan LTE (swedia), dan keduanya sudah masuk ke Indonesia, cuma sayangnya belum semua bisa menikmatinya.


Itulah beberapa penjelasan mengenai sejarah dan perkembangan teknologi jaringan telepon gengam yang ada di dunia, dari yang pertama hingga yang terakhir saling berkaitan dan selalu diperbaharui dengan yang lebih dan lebih baik lagi. Bahkan ada isu bahwa jaringan 5G sedang disediakan dengan kecepatan hingga mencapai ukuran GB (wow) nikmati yang puluhan MB saja sudah senang wkwk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Sejarah & Perkembangan Generasi Teknologi Jaringan"

Posting Komentar