Web Resmi Server Thalita Reload Pulsa TerMurah PPOB TerLengkap Aman Terpercaya

Tips Lengkap Membeli Android Bekas/Second Agar Tidak Tertipu

Ini adalah jamannya android merajalela di hampir seluruh dunia, hampir semua orang ingin memiliki ponsel pintar dengan OS ini, namun karena harganya yang masih lumayan mahal, maka terkadang beberapa orang lebih memilih untuk membeli android bekas/second dari penjual ataupun pemakai langsung. Namun terkadang banyak pemula yang akhirnya tertipu dengan kondisi HP android yang dibelinya, untuk itu saya akan mencoba memberikan beberapa tips lengkap dalam membeli android bekas/second agar tidak tertipu.

Memeriksa kondisi Fisik atau body
Ada beberapa perangkat yang harus kita periksa untuk mengetahui kondisi fisik HP android yang akan kita beli, diantaranya adalah :
  • Ceck kondisi luar HP, jangan tertipu dengan kondisi chasing yang bagus dan baru, terkadang banyak HP rekondisi yang hanya diganti tampilan luarnya saja. Malah terkadang tampilan luar yang sudah jelek bisa membuktikan jika HP itu memang bekas dipakai oleh sang pemiliknya.
  • Periksa juga kekuatan baterai, charger, dan kelengkapan lainnya seperti box, surat-surat pembelian, headset, dan lain sebagainya.
  • Ceck keutuhan segel garansi, periksalah stiker garansi di dalam HP, pastikan bahwa HP itu belum pernah di service oleh sang penjual.
  • Ceck kondisi tempat simcard dan microSD, cobalah untuk mengganti kartu atau memori lain dan pastikan masih terbaca di HP. Terkadang kerusakan pada tempat ini yang sering ditemukan saat pembelian HP second.

Memeriksa Perangkat Lunak
Untuk memeriksa perangkat lunak juga tidak terlalu sulit, tidak perlu pengetahuan mendetail tentang perangkat android, ada beberapa tips memeriksa perangkat lunak android, diantaranya adalah :
  • Kondisi kamera dan suara panggilan bisa kita periksa secara mudah, ambillah foto atau video dengan kamera tersebut dan lihat kualitasnya,
  • Ceck IMEI dengan mengakses *#06# dan pastikan nomor yang tertera sama dengan yang ada di box HP untuk membuktikan keaslian HP.
  • Cek signal dengan mencoba memasang simcard yang memiliki kualitas stabil dan paling kuat di daerah situ, jika ternyata signal naik turun maka sebaiknya anda urungkan niat untuk membeli HP itu.
  • Ceck kualitas touchscreen dengan mencobanya atau mengakses *#*#2664#*#*.
  • Ceck kondisi lainnya mulai dari bluetooth, wifi, koneksi komputer, dan lainnya.

Memeriksa Harga, Minat Pasar, dan Pengalaman Pemakai lainnya
Untuk membeli HP android bekas, penting bagi kita untuk memeriksa harga pasaran yang ada agar tidak tertipu dengan harga yang mahal, kita bisa bertanya kepada teman atau memeriksa harga pasaran di internet. Jangan terlalu percaya dengan harga yang terlalu murah, karena terkadang itu adalah barang rusak yang dijual oleh penjual nakal.

Pastikan juga HP yang anda beli masih diminati oleh pasar, karena suatu saat ketika anda bosan dan ingin ganti HP tidak akan terlalu rugi saat menjualnya. Banyak produk yang dianggap gagal di pasaran, dengan harga baru yang selangit, namun ketika dijual sangat murah dan susah menjualnya.


Ada baiknya bertanya kepada teman yang sudah memakai HP android, tanyakan kelebihan dan kekurangan HP yang dipakai sebagai sumber referensi bagi kita dalam memilih tipe HP.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Lengkap Membeli Android Bekas/Second Agar Tidak Tertipu"

Posting Komentar