Mempersiapkan Bisnis Handphone yang Menguntungkan

Fakta Handphone yang harus diketahui

Handphone atau telepon gengam adalah perangkat mobile yang saat ini sama pentingnya dengan pakaian, jadi kemanapun kita pergi pasti membawa HP. Dengan pentingnya HP dalam kehidupan sehari-hari, maka semakin besar pula peluang bisnis HP ini.

Jenis dan Produk Handphone

Dengan pentingnya peran HP saat ini, maka semakin banyak pula produsen yang menghasilkan jenis HP di dunia ini, saya membagi dalam beberapa jenis perangkat mobile ini, diantaranya :
 
Handphone Jadul dan standar, produk HP jadul yang kita kenal biasanya si dari produkan yang lama berkecimpung dalam dunia mobile ini, kita mengenal merk Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Motorola, dll. Mulai dari jenis HP yang hanya bisa untuk sekedar telepon dan sms (layar kuning), HP yang dilengkapi dengan MP3 Player, kamera, dan HP lain yang tenar di tahun 2000an. Menurut saya HP jadul ini sudah jarang dikeluarkan oleh para produsen karena memang pasarnya sudah sangat sedikit, namun masih banyak loh yang membutuhkan dan mengoleksinya, termasuk para penjual pulsa.
Handphone Canggih, di beberapa tahun belakangan kita semua dikenalkan dengan perangkat canggih yang satu ini, dengan sistem operasi yang sangat tenar Android (produk Google), Ios (produk Apple), Windows Phone (produk Microsoft), Blackberry (produk RIM), dll. Dengan mengusung Smartphone, mereka para produsen bersaing satu sama lain dalam kualitas aplikasi HP. Dan ini adalah era keemasan smartphone, dimana dengan HP saja, kita bisa sedikit melupakan perangkat komputer, karena kecanggihan smartphone yang semakin berkembang.

Tablet, atau sering kita sebut tab adalah perangkat yang hampir sama dengan fungsi netbook namun, ya kalau saya katakan ini bukan HP dan bukan netbook, jadi tablet ada ditengahnya. Tablet PC berbasis android, namun ada juga yang berbasis Ios (Ipad)

Merk-merk ternama HP yang ada di Indonesia :
  • Nokia (sekarang milik Microsoft)
  • Sony Ericsson
  • Samsung
  • Apple
  • LG
  • Lenovo
  • Asus
  • Oppo
  • Zte
  • Cross (Evercoss)
  • Motorolla
  • Smartfren
  • Mito
  • dan lain sebagainya

Kenalilah masing-masing produk HP, kualitas dan harganya wajib anda pelajari agar saat anda memulai bisnis jual beli HP, anda tidak terlihat bodoh saat menjelaskan kepada para pelanggan anda.

Persiapan menjual Handphone


Jika anda sudah paham dengan informasi tentang Handphone, maka saatnya untuk mempersiapkan penjualan HP untuk Counter Cellular anda. Pertama kali anda harus menyiapkan tempat untuk menaruh HP yang akan anda jual, gunakanlah etalase dengan ukuran yang cukup besar dihiasi dengan lampu dan aksesoris yang akan menarik mata para pelanggan. Lalu yang kedua, anda harus mencari agen HP di kota anda, saya sarankan agar anda langsung ke dealer resmi masing-masing produsen HP, disamping harganya yang murah, keaslian barangnya juga terjamin. Ketiga, carilah informasi tentang masing-masing HP yang akan anda jual, dan yang pasti harganya, jangan sampai anda salah menjual HP karena terlalu murah atau terlalu mahal.

Rahasia mendapatkan Keuntungan dalam Penjualan handphone

Setiap usaha, jenis apapun itu, pasti memiliki sebuah rahasia dalam mengambil keuntungan. Contoh saja, orang-orang China mengambil keuntungan yang sangat sedikit dalam perdagangan, mereka lebih mengutamakan kuantitas atau banyaknya barang yang terjual, namun berbeda dengan orang jepang atau korea yang biasanya mengutamakan kualitas barang. Jika mengutamakan penjualan, ambillah sedikit untung, namun jika mengutamakan kualitas maka ambillah untung sebanyak yang bisa didapatkan.

Sebuah HP merk China berbasis Android bisa dijual dengan harga dibawah Rp 1.000.000, 00 dengan keuntungan yang minim (kata lah 50-100rb), namun dengan harga yang murah kita bisa menargetkan penjualan yang lebih banyak dengan mengambil pasar menengah ke bawah, namun berbeda jika kita menjual HP yang berkualitas (misal Samsung), dengan produk berkualitas yang sudah terkenal bisa dijual dengan harga Rp 4.000.000, 00 bahkan lebih, tentu saja keuntungan dari satu barang lebih besar mengingat penjualan HP bermerk berarti mengambil pasar menengah ke atas dengan intensitas pembelian yang lebih sedikit.
Masing-masing strategi memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing, tapi terserah anda mau mengambil strategi yang mana.
jangan lupakan juga peran HP second atau bekas, walaupun terbilang bekas namun keuntungan dalam penjualan HP bekas ini sungguh menggiurkan. Ini saya punya cerita, teman saya biasa mengumpulkan HP bekas yang sudah mati dengan harga Rp 10.000, 00, lalu dibenerin dan dijual lagi dengan harga Rp 100.000, 00 hanya dengan modal servis dan ganti casing + charger sekitar Rp 30.000, 00, jadi keuntungannya Rp 60.000, 00 atau 6x lipat dari harga belinya, edan gak tuh. Namun hati-hati juga dalam menjual HP bekas, jangan menipu pelanggan, berdaganglah secara jujur agar anda dipercaya oleh pelanggan dan tentunya mendapatkan rejeki yang berkah.

Cara promosi

Untuk promosi dalam bisnis penjualan HP, kita bisa menggunakan media offline misalnya dengan menyebarkan brosur, memajang spanduk, dari mulut ke mulut, atau media lain yang mungkin bisa digunakan untuk promosi bisnis. Kita juga bisa menggunakan media online untuk mempromosikan bisnis kita, bisa lewat jejaring sosial, ataupun website agar pasar anda semakin luas, yang penting jujur dan bisa bersaing dengan penjual lainnya.
Itulah beberapa hal untuk persiapan bisnis handphone yang akan anda mulai untuk melengkapi Bisnis Cellular anda, semoga dengan tulisan ini anda bisa sedikit terbantu dalam mempersiapkan bisnis.


Pesan Sekarang